Assalamu'alaykum warahmatullahi wabarakaatuh, Selamat datang di blogku ^_^ BINGKAI HATI: Alhamdulillah, Betapa Segarnya!

Alhamdulillah, Betapa Segarnya!

02/11/2011
Mandi betapa segarnya, Bisakah kita membedakan segarnya badan antara sebelum dan sesudah mandi? Pasti akan terasa beda. Sebelum mandi terasa lemas, sesudah mandi badan terasa lebih segar dan bersemangat. Mandi di era modern, bahkan sering digunakan sebagai terapi dan penyembuhan. Mandi memberikan kesegaran karena dapat menyeimbangkan suhu badan secara keseluruhan.

Ketika bekerja keras kita mungkin akan mengalami peningkatan suhu secara tidak merata. Aktifitas otak yang intens akan menyebabkan suhu disekitar kepala kita meningkat. Aktifitas otot tangan yang berlebihan juga akan menyebabkan suhu disekitar tangan meningkat. Demikian pula aktifitas kaki dan lain sebagainya.

Peningkatan suhu local ini akan menyebabkan ketidak seimbangan kondisi tubuh kita. Dengan cara berwudhu, apalagi mandi, suhu tubuh kita akan diseimbangkan kembali menjadi segar. Maka mandi merupakan salah satu bentuk nikmat Allah SWT yang diberikan kepada kita. Semakin kita bersyukur, maka insya Allah akan semakin nikmat rasanya.

Aktifitas pagi yang tepat adalah awal yang baik bagi kinerja kita seharian. Bangun pagi penuh nikmat, membuka mata penuh rasa syukur, dan mandi pagi seiring dengan segarnya tubuh, sungguh akan memompa jiwa kita untuk bekerja, dan mencari rezeki pun jadi penuh semangat.

Betapa beruntungnya orang – orang yang selalu mengingat Allah. Berdzikir disetiap waktu yang kita miliki. Semuanya akan menjadi nikmat. Guyuran air pun menjadi sumber kebahagiaan, bukan dibuat – buat apalagi dipaksakan. Semuanya akan berjalan secara alami karena kita paham apa yang kita alami dan rasakan.

Jika kita mau mengamati lebih jauh. Saat dikamar mandi ketika kita buang air, itu adalah karunia yang sangat luar biasa besarnya bagi kita. Bayangkan kalau kita tidak bisa buang air besar maupun kecil. Betapa banyak orang yang menderita dan kemudian masuk rumah sakit karena tidak bisa buang air.

Saya pernah melihat seorang teman yang sakit liver kronis. Semoga ini bukanlah membuka aib beliau, insya Allah catatan ini bisa menjadi pembelajaran yang sangat berharga bagi kita semua. Dan saat ini beliau sudah berpulang Kerahmatullah, semoga beliau mendapatkan tempat yang baik disisi-Nya. Aamiin. Pada saat itu setiap buang air besar, dia sangat tersiksa, tapi tidak juga bisa. Perutnya membuncit, karena kotoran tidak bisa keluar dengan lancar. Bahkan pembuluh darah dimatanya sempat pecah karena mengejan terlalu keras, setiap buang air besar. Astagfirullah Al Adzim.

Kita yang sehat ini diberikan kenikmatan oleh Allah tiada terkira. Tapi kita jarang sekali merasakan dan menyadari, dan mungkin kita jarang atau tidak pernah mensyukurinya. Jangan menyesal kalau suatu ketika nikmat tersebut lepas dari tangan kita dan malah sebaliknya, bertemu dengan penderitaan yang menyakitkan. Na’udzubillahi mindzalik. Mudah – mudahan Allah melindungi dan mengampuni kekhilafan kita, aamiin.

Mari kita renungkan sabda Rasulullah SAW, kita jaga kesehatan semasih kita bisa, dan kita syukuri nikmat ini selagi diberi kesempatan. Insya Allah, aamiin.
Sabda Rasulullah SAW : ‘’ Barang siapa sehat lahirnya, dan juga sehat bathinnya, maka seolah – olah dunia dan isinya ini menjadi miliknya’’.

Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar