Assalamu'alaykum warahmatullahi wabarakaatuh, Selamat datang di blogku ^_^ BINGKAI HATI: OLEH – OLEH DARI PERJALANAN HAJI

OLEH – OLEH DARI PERJALANAN HAJI

05/11/2011
Seusai menunaikan Ibadah Haji, berkisahlah salah seorang kepada Imam Ja’far Ash-Shadiq tentang apa yang terjadi dalam rombongan perjalanan hajinya. Ia memuji – muji salah seorang anggota rombongan yang selalu sibuk dengan urusan ibadah. Setiap kali kami berhenti disuatu tempat, ia gunakan kesempatan itu untuk beribadah. Pendek kata, tidak ada sedikitpun waktunya yang ia gunakan untuk memikirkan urusan dunia.

“Kalau begitu, siapa gerangan yang mengurus keperluannya ??” Tanya Imam Ja’far Ash-Shadiq. Orang itu menjawab :” Kamilah yang mengurusnya, sebab ia tak punya waktu untuk melakukan hal itu.” Lalu Imam Ja’far Ash-Shadiq pun menjawab :” Ketahuilah, bahwa kalian semua lebih utama daripada dia.”

Dikutip dari cerita bijak Orang – orang Sholeh.

PELAJARAN HIDUP yang bisa diambil :

Bukanlah orang baik, orang yang meninggalkan seluruh aktifitas kehidupan dunianya demi meraih kehidupan akhirat. Juga bukanlah orang baik, orang yang meninggalkan seluruh aktifitas akhiratnya demi meraih kehidupan dunia. Orang yang baik adalah orang yang mampu menjalani keduanya secara proporsional. Karena bagaimanapun kehidupan dunia adalah sarana untuk meraih kehidupan akhirat.

Allah SWT telah berfirman, “ Dan Carilah apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu (Kebahagiaan) negeri Akhirat, dan janganlah kamu melupakan bahagianmu dari (Kenikmatan) duniawi dan berbuat baiklah (Kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di (muka) bumi. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang – orang yang berbuat kerusakan.” (QS. Al- Qashash:77)

Tenggelam dalam beribadah kepada Allah, sementara ia menimpakan beban dan tanggung jawabnya kepada orang lain adalah perbuatan yang tidak terpuji. Karena dengan begitu, berarti ia telah melupakan kewajibannya dan merampas hak orang lain.

Jika kita ingin menjadi orang yang shaleh maka harus kaffah atau menyeluruh, yakni shaleh secara individual dan shaleh secara social. Anas bin Malik dan Ibnu Umar pernah berujar :” Bukanlah orang yang terbaik dari kalian, orang yang meninggalkan aktifitas kehidupan dunianya hanya untuk meraih kehidupan akhirat, sampai ia mampu menjalani keduanya secara bersama – sama. Karena sesungguhnya dunia itu adalah sarana untuk sampai kepada akhirat. Dan janganlah kalian menjadi beban untuk orang lain.”

Semoga Bermanfaat !!

Selamat Hari Raya Idhul Adha 1432 H
Minal aidhin wal faidzin, mohon maaf lahir bathin Selamat Bertakbir Dan Selamat Hari Raya Idul Adha.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar