Assalamu'alaykum warahmatullahi wabarakaatuh, Selamat datang di blogku ^_^ BINGKAI HATI: Daging Rendang

Daging Rendang

28/08/2011

Orang Indonesia pasti tidak akan asing lagi dengan yang namanya rendang, ya makanan khas dari sumatera barat ini memang salah satu jenis makanan paling nikmat di dunia.Makanan ini juga salah satu makanan yang paling mudah ditemukan di restoran Indonesia. Oleh karena itu, sebagian pendatang baru di Indonesia akan benar-benar ingin tahu bagaimana sebenarnya cara masak rendang yang enak dan lezat.

Sebenarnya, cara masak rendang itu sangat mudah. Ini berarti bahwa anda juga bisa membuatnya sendiri dirumah tanpa harus punya keahliah khusus dalam memasak. Anda hanya perlu mengikuti langkah memasak rendang. Tentu saja, persiapkan terlebih dahulu bahan utama dan bumbu-bumbu halusnya terlebih dahulu. Berikut ini adalah langkah detil cara membuat rendang :

Bahan Untuk Memasak Rendang:
1 kg daging sapi, dipotong jadi sekitar 15 potong (Lihat gambar)
2 liter santan dari 3 butir kelapa tua parut dan diperas.
1 batang serai, dimemarkan
1 lembar daun kunyit
5 lembar daun jeruk purut, diikat dengan daun kunyit

Bumbu yang dihaluskan Untuk memasak rendang:
12-20 cabai merah, digiling
6 butir bawang merah
3 siung bawang putih
1 cm jahe
5 cm lengkuas/laos
garam secukupnya

Cara Membuat Rendang:

Masak santan bersama daun kunyit, daun jeruk dan serai. Lalu masukkan bumbu yang sudah dihaluskan sampai mendidih dan kecilkan apinya. Lalu masukkan daging yang sudah dipotong-potong dan aduk terus dengan rata agar matangnya merata.
Masak terus daging dengan api sedang sampai santan mengental dan agak kering dan daging sudah menjadi empuk. Dihidangkan sekali panas atau dingin sesuai dengan selera masing-masing. Paling enak kalau dihidangan bersama Nasi Putih.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar