Assalamu'alaykum warahmatullahi wabarakaatuh, Selamat datang di blogku ^_^ BINGKAI HATI: KEUNTUNGAN DAN KEMENANGAN

KEUNTUNGAN DAN KEMENANGAN

    10/08/2011       
           Adek saya pernah bercerita tentang seorang penjual jeruk. Pada ssaat penjual jeruk itu menjajakan dagangannya, datanglah seorang ibu dengan keranjang belanjaan yg penuh. Kemudian ibu itu memilih beberapa jeruk segar dan meminta untuk dibungkuskan 3 kilo. Setelah mendapatkan jeruk pesanannya, si ibu mencoba mengupas sebuah jeruk. Raut mukanya berubah. Matanya menyempit, dan lidahnya sedikit menjulur. Ternyata jeruk itu asam. Saking penasarannya si ibu mencoba mengupas sebuah jeruk lagi.  Seperti jeruk pertama, kedua pun terasa asam. Dilanjutkan dengan jeruk ketiga dan jeruk keempat, dan seterusnya ternyata asam semua.

            Terang saja si ibu mengajukan protes pada si abang penjual : bang, jeruknya kok asam semua. Penjual jeruk tersebut merespon dengan sopan : maaf bu, tadi ibu beli berapa kilo ?? tiga kilo, jawab si ibu spontan. Ibu masih untung beli 3 kilo, saya beli 5 karung asam semua. Jawab si abang penjual jeruk diplomatis.

            Dari cerita diatas, saya bisa mengambil beberapa pelajaran. Bahwa hidup ini akan terasa bahagia saat kita berhasil membantu meringankan kesusahan orang lain. Ibu tadi telah membantu meringankan kesusahan abang penjual jeruk dengan membeli 3 kilo dari 5 karung jeruk asam yg dijual oleh si abang. Betapa indahnya hidup ini jika kita bisa saling membantu meringankan beban sesama.

            Pelajaran kedua, kita tidak perlu mempermasalahkan masalah. Sebaiknya pikiran kita dialokasikan untuk menyelesaikan masalah dengan mencari solusi yg efektif. Jika memang jeruk yg sudah dibeli rasanya asam, kita tidak perlu memarahi penjualnya apalagi menyumpahinya. Masih ada jalan keluar lainnya yg cukup mudah dan menyenangkan. Kita tinggal membeli gula, dan susu kental manis, maka jadilah jus jeruk atau es jeruk.

            Sehingga Banyak org yang akan menikmati kesegaran dari jus yg terbuat dari 3 kilo jeruk asam tersebut. Abang penjual akan menjadi bahagia karna telah berkurang bebannya, dan pastinya orang – orang disekitar menjadi senang setelah meminum jus tersebut.

            Pelajaran ketiga, akan tumbuh semangat untuk meraih tujuan kemaslahatan bersama, jangan sampai kita meraih kemenangan sendiri. Jika kita untung, maka kita juga harus belajar untuk enguntungkan orang lain. Sehingga makin banyak orang yg merasa senang karena mendapatkan keuntungan dan kemenangan dari kita, maka akan semakin aman diri kita. Makin banyak orang yg tersakiti, maka akan makin banyak peluang orang lain untuk menyakiti kita.

      Keberuntungan bukanlah sebuah kemenangan bagi kita. Keberuntungan bagi kita adalah manakala kita berhasil menguntungkan orang lain …

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar