Assalamu'alaykum warahmatullahi wabarakaatuh, Selamat datang di blogku ^_^ BINGKAI HATI: MISTERI PERSOALAN MANUSIA

MISTERI PERSOALAN MANUSIA

06/08/2011
InsyaAllah, setiap orang pernah pergi kepasar. Entah untuk keperluan belanja, mengantar keluarga, atau untuk keperluan lainnya. Jika kita suatu saat berada dipasar, lihatlah lalu lalang manusia dengan ekspresinya yang bermacam – macam, yg menunjukkan kepentingan dan emosi yg berbeda – beda pula. Bisakah kita lihat kehadiran Allah yang Maha Kuasa, ketika kita menyaksikan keanekaragaman manusia, dan keaneka ragaman barang – barang yang berada dipasar?!

Mungkin yg perlu kita pertanyakan kepada diri sendiri, adalah mengapa ribuan barang yang ada di dalam pasar tersebut selalu ada saja yg membeli dan memerlukannya?! Setiap orang yg pergi kepasar perlu untuk membeli atau menjual barang, berarti dia sedang mempunyai persoalan pada dirinya dan keluarganya. Apabila didalam pasar ada seribu jenis barang yg berbeda, dan apabila suatu saat barang – barang tersebut laku karna dibutuhkan orang, berarti setidaknya ada seribu persoalan yg berbeda dalam diri orang2 yg berbeda tersebut.
Yang sangat hebat dan menjadi misteri adalah, bahwa persoalan yg muncul dengan tingkat variasi yg berbeda pada setiap orang. Dapat dijawab dan diselesaikan oleh persoalan orang lain dengan variasi yg berbeda pula.

Putra pak Aman yg masih duduk dikelas 3 SD, suatu saat diberitahu oleh ibu gurunya agar makan sayuran yang cukup supaya badanya menjadi sehat. Bu Aman yg kebetulan sedang sakit meminta tolong suaminya Pak Aman untuk pergi kepasar agar membeli sayuran sesuai dengan permintaan anaknya tersebut. Maka berangkatlah pak aman ke pasar. Pada saat yg bersamaan Bagus, seorang anak petani di desa yg jaraknya cukup jauh dari pasar, tidak mempunyai uang untuk membayar sekolahnya. Kebetulan saat itu musim petik sayur tiba, maka orang tua Bagus pergi kepasar untuk menjual sayuran hasil kebunnya. Setelah berada dipasar, kebetulan lagi ia bertemu dengan pak Aman yg juga sedang membutuhkan sayuran untuk keperluan anaknya. Maka terjadilah transaksi jual beli sayuran antara pak aman dan bapaknya bagus.

Sungguh sederhana kejadian tersebut. Tapi jika diperhatikan dan direnungkan, sungguh luar biasa. Pada moment transaksi itu bertemulah berbagai kepentingan yg saling menolong dan saling memberikan solusi bagi persoalan masing – masing. Disini Nampak, bahwa persoalan – persoalan yg kelihatannya tidak memiliki keterkaitan, ternyata setelah diperhatikan dengan seksama menjadi satu rumpun persoalan yg kemudian mempunyai hubungan sangat erat, yaitu :

1. Peristiwa ibu guru yg menjelaskan ilmunya
2. Kurikulum sekolah dasar, tentang pentingnya ilmu gizi
3. Bu Aman yg sedang sakit minta kerelaan suaminya untuk pergi kepasar.
4. Pak Aman yg bersedia pergi kepasar untuk membeli sayur
5. Sopir angkutan umum yg berangkat bekerja pd pagi hari,
6. Peraturan sekolah yg mengharuskan bagus membayar uang sekolah
7. Musim petik sayur tiba
8. Putra pak Aman yg tumbuh menjadi sehat

Dari ilustrasi sederhana ini Nampak sekali betapa sebuah persoalan, bisa membias menjadi bermacam – macam persoalan antara yg satu dengan yg lainnya, sehingga saling terkait dgn erat, dan saling memberi solusi. Tetapi dengan menggunakan logika iman, Nampak jelas semua keterkaitan itu. Bisakah kita mencari jawabannya? Dimanakah letak keterkaitannya??

a. Antara kurikulum kelas 3 SD dengan keberangkatan sopir angkot pagi hari?
b. Siapa yg membangunkan sopir angkot untuk bangun pagi ?
c. Antara keikhlasan pak Aman pergi kepasar dengan keperluan Bagus untuk membayar sekolah ?
d. Antara peraturan sekolah dengan musim petik sayur tiba?
e. Antara keinginan badan sehat dengan rezeki sopir angkot?
f. Siapa yang mengatur persoalan semua itu?
g. Apakah semua itu hanya sekedar kebetulan saja ?
h. Jika hal itu kebetulan, kenapa berjuta peristiwa itu terjadi disetiap saat dan waktu? Dan terus berkelanjutan, sehingga dunia tetap lestari..?
i. Berapa ribukah jumlah pasar yg ada di Indonesia ?
j. Berapa jumlah persoalan orang – orang yg ada di Indonesia saja?
k. Mungkin semua manusia menganggap persoalan paling rumit dan palin berat, tetapi Allah SWT justru menyelesaikan persoalan setiap manusia dengan manusia yang lain..
l. Betapa dahsyatnya, betapa agungnya , dan betapa indahnya Dzat Yang Maha Tinggi itu dalam mengatur urusan-Nya..

Subhanallah walhamdulillah wa laa ilaaha ilallahu Allahu Akbar..!

Satu kesimpulan yg membuat kita tertegun adalah ternyata setiap persoalan yang kita hadapi menjadi solusi bagi persoalan orang lain. Bahkan mungkin sekali sebagai jalan keluar bagi persoalan kita lainnya..
Berarti setiap kita mempunyai persoalan, mungkin itulah sebuah jawaban dari doa yg sering kita munajatkan sebagai solusi dari persoalan yg lain.. wallahu a’lam bishawab … begitulah kiranya salah satu cara Allah untuk melestarikan kehidupan dunia. Barang siapa yang mampu melihat (persoalan)dirinya, ia akan mampu melihat (Kasih Sayang)Tuhannya. Dan kepunyaan Allahlah timur dan barat, maka kemanapun kamu menghadap disitulah Wajah Allah. Sesungguhnya Allah Maha Luas lagi Maha Mengetahui.
(QS. Al-Baqarah :115)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar