Assalamu'alaykum warahmatullahi wabarakaatuh, Selamat datang di blogku ^_^ BINGKAI HATI: Jangan Bersedih, Semua Hal Akan Terjadi Sesuai Qadha' dan Qadar

Jangan Bersedih, Semua Hal Akan Terjadi Sesuai Qadha' dan Qadar

26/12/2011
Alangkah indahnya hari ini jika kita awali dengan wajah yang cerah, senyum yang tulus, dan kata-kata penuh semangat dalam kebaikan, tidak ada yang terganggu atau diganggu, yang ada hanyalah manfaat dan manfaat.

Segala sesuatu itu ada dan akan terjadi sesuai dengan ketentuan qadha dan qadar-Nya. Ini merupakan keyakinan orang - orang islam dan para pengikut setia Rasulullah SAW. Yakni, keyakinan mereka bahwa segala sesuatu di dunia ini tidak akan pernah ada dan terjadi tanpa sepengetahuan, izin, dan ketentuan-Nya.

" Tiada suatu bencanapun yang menimpa dibumi dan (tidak pula) pada dirimu sendiri melainkan telah tertulis didalam kitab (Lauh Mahfudz) sebelum kami menciptakannya. Sesungguhnya yang demikian itu adalah mudah bagi Allah." (QS. Al-Hadid : 22)

" Sesungguhnya, Kami menciptakan segala sesuatu menurut ukuran." (QS.Al-Qamar : 49)

" Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa, dan buah - buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar."
(QS. Al- Baqarah : 115)

Dalam sebuah hadist disebutkan :" Sungguh unik perkara orang mukmin itu ! Semua perkaranya adalah baik. Jika mendapat kebaikan ia bersyukur, maka itu akan menjadi sebuah kebaikan baginya. Dan jika ditimpa musibah ia bersabar, maka itu juga menjadi sebuah kebaikan baginya. Dan ini hanya akan terjadi pada orang mukmin."

Rasulullah juga bersabda :"Jika engkau memohon, maka mohonlah kepada Allah, dan engkau minta pertolongan mintalah kepada Allah. Ketahuilah bahwa seandainya seluruh makhluk itu berkumpul untuk memberikan manfaat kepadamu, niscaya mereka tidak akan mampu memberikan manfaat kepadamu selain berupa sesuatu yang telah ditetapkan oleh Allah bagimu. Dan, seandainya mereka semua berkumpul untuk mecelakakanmu dengan sesuatu, niscaya mereka tidak akan mampu mencelakakanmu kecuali dengan sesuatu yang telah ditetapkan oleh Allah atasmu. Pena - pena telah kering dan lembaran - lembaran telah dilipat."

Dalam sebuah hadist shahih yang lain disebutkan :"Ketahuilah bahwa apa yang menimpamu tidak akan luput darimu, dan apa yang tidak akan menimpamu tidak akan pernah menimpamu."

Juga diriwayatkan dari Rasulullah SAW, Beliau bersabda :" Pena telah kering wahai Abu Hurairah, berkaitan dengan apa yang akan engkau hadapi."

Beliau juga bersabda, "Kejarlah apa yang bermanfaat untukmu, dan mintalah pertolongan kepada Allah. Jangan mudah menyerah dan jangan pernah berkata, ' Kalau saja aku melakukan yang begini pasti akan jadi begini.' Tapi katakanlah,' Allah telah mentakdirkan, dan apa yang DIA kehendaki pasti akan DIA lakukan."

Dalam sebuah hadist shahih yang diriwayatkan dari Rasulullah SAW, Beliau bersabda :"Allah tidak menentukan sebuah qadha bagi hamba kecuali qadha' itu baik baginya."

Pernah sebuah pertanyaan tentang kemaksiatan dilontarkan kepada Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah, "Apakah maksiat itu baik bagi seorang hamba ?" Beliau menjawab," Ya ! Namun dengan syarat dia harus menyesali, bertaubat, beristighfar, dan merasa sangat bersalah."

Allah SWT berfirman, " Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu. Allah mengetahui sedang kamu tidak mengetahui." (QS. Al-Baqarah :216)

Dua bait syair berbunyi :

Ini adalah takdir maka celalah aku atau tinggalkan
Semua takdir akan berjalan walau terhadap lubang jarum


Kejayaan hanya bisa diraih oleh orang-orang yang mampu mengisi usianya dengan penuh kemanfaatan baik bagi diri maupun lingkungan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar