Assalamu'alaykum warahmatullahi wabarakaatuh, Selamat datang di blogku ^_^ BINGKAI HATI: Motivasi Oleh: Bayu Mukti

Motivasi Oleh: Bayu Mukti

23/12/2011
Kepribadian Fleksibel dan Kepribadian Bunglon

Kita sering kali salah mengartikan kata fleksibel itu berubah-ubah dan tidak sesuai dengan pendirian. Tapi sebenarnya hal itu salah besar kok. Kalo kepribadian Fleksibel itu suatu kepribadian yang bisa menempatkan diri sesuai dengan kebutuhan, waktu dan tempat. Tapi kita sering kali salah mengartikan kepribadian fleksibel ini sebagai kepribadian bunglon. Kenapa disebut kepribadian bunglon ?? Jawabnya karena bunglon bisa berubah-ubah sesuai dengan tempatnya. Untuk lebih jelasnya mari kita simak sepenggal cerita berikut.

“Ada seorang pengusaha bernama Pak X yang mendapatkan banyak sekali masalah di kantornya. Saat sampai di rumah beliau di sambut oleh keluarganya. Saat masih di mobil Pak X tadi diajak mainan mobil-mobilan dengan anaknya. Dan di dalam mobil tadi Pak X dan anaknya main mobil-mobilan.”Ngeng….ngeng….ngeng” kata pak X untuk menghibur anaknya. Setelah itu pak X turun dari mobil dan bersalaman dengan istrinya dan menciumnya. Sesampainya di rumah di meja makan ada mertua dari Pak X dan pak X tadi menyalaminya dan memberikan hormat kepada mertuanya tadi”.

Dalam cerita tersebut sosok Pak X memiliki 3 kepribadian yaitu Pak X yang bersifat kekanak-kanakan,Pak X yang bersifat menjadi seorang suami dan Pak X yang bersifat menghargai dan menghormati orang tua. Inilah yang saya maksud dengan Pribadi yang fleksibel dan memang diperlukan dalam hidup kita sehari-hari khususnya untuk kehidupan bermasyarakat dan berkeluarga. Tapi kebanyakan orang mengira dan tidak mau memiliki kepribadian fleksibel yang mereka kira dan pikir kepribadian fleksibel itu menghancurkan prinsip mereka dan plin plan dalam hidup. Itu salah besar. Mungkin kepribadian yang anda maksud plin plan itu adalah kepribadian bunglon. Kepribadian fleksibel adalah suatu kepribadian yang berubah karena dituntut keadaan tanpa harus merubah prinsip hidup anda. Sedangkan Kepribadian Bunglon adalah suatu kepribadian Plin plan dan tidak sesuai dengan apa yang ada dalam pikiran dan pribadi anda masing.

Kita review saja kisah berikut :

Suatu ketika ada karyawan yang menjelek-jelekkan atasannya saat atasannya belom datang. Tapi saat atasannya lewat di depannya ia berkata “Pak belum pernah ada atasan yang sebaik bapak di kantor ini, atasan di kantor ini dari saya kerja sampai sekarang adalah bapak”. Nah itulah yang namanya kepribadian bunglon yang acap kali antara mulut dan hati tidak sama. Sekarang terserah anda mau memiliki kepribadian yang Fleksibel ato Kepribadian Bunglon


Berpikiran Positif

Salah satu dari berbagai hal yang menghalangi kita dari terjadinya tingkat kemajuan dalam hidup ini adalah kita sering menganggap bahwa pikiran kita sangat terbatas. Hal ini sebagai akibat dari adanya konsep bahwa setiap orang memiliki kemampuan yang terbatas dan sudah ditentukan oleh takdirnya. Kita semua termasuk saya telah tenggelam dalam pemikiran dan konsep tersebut. Jika kita dalam keadaan negatif atau takut pada suatu hal yang akan terjadi di masa datang, kita selalu saja menarik kesimpulan pada konsep takdir diri kita.

Kita seharusnya terus yakin terhadap diri kita, harus berpikir positif namun bukan berarti harus agresif, tetapi harus yakin dan berpegang teguh pada keyakinan bahwa kita bisa menggapai apa yang kita inginkan.

Orang yang berpikiran negatif selalu saja menerapkan suasana dan kondisi yang negatif pula, sehingga mereka mudah sekali mengalami kesulitan demi kesulitan. Orang yang berpikir positif menarik hal-hal yang positif, sehingga mereka dapat meraih keberhasilan demi keberhasilan. Sedikit sekali orang menyadari bahwa hukum berpikir itu merupakan realitas terbesar, dengan berpikir kita dapat menyelesaikan berbagai hal. Jika kita dapat memahami kekuatan pikiran, kita akan mengawasi pikiran kita dengan hati-hati agar jangan sampai dimasuki dengan pikiran-pikiran yang tidak kita kehendaki.

Kita dapat mengendalikan pikiran kita dengan cara menjaganya agar tidak dimasuki oleh pikiran negatif. Setiap hari kita dapat mempraktekannya dengan mengatakan bahwa tidak ada pikiran yang terbatas yang dapat memasuki otak. Marilah kita hiasi diri kita, rumah kita dan bisnis kita dengan arus pikiran positif. Karena hanya dengan inilah kita akan selalu mendekat dengan hal-hal yang terbaik.


Setiap Langkah Adalah Anugerah
Oleh: Barbara Brown Taylor

Seorang profesor diundang untuk berbicara di sebuah basis militer pada tanggal 1 Desember. Di sana ia berjumpa dengan seorang prajurit yang tak mungkin dilupakan nya, bernama Ralph.

Ralph yang dikirim untuk menjemput sang profesor di bandara. Setelah saling memperkenalkan diri, mereka menuju ke tempat pengambilan kopor. Ketika berjalan keluar, Ralph sering menghilang. Banyak hal yang dilakukannya. Ia membantu seorang wanita tua yang kopornya jatuh dan terbuka. Kemudian mengangkat dua anak kecil agar mereka dapat melihat sinterklas. Ia juga menolong orang yang tersesat dengan menunjukkan arah yang benar. Setiap kali, ia kembali ke sisi profesor itu dengan senyum lebar menghiasi wajahnya.

"Dari mana Anda belajar melakukan hal-hal seperti itu?" tanya sang profesor.
"Melakukan apa?" kata Ralph.
"Dari mana Anda belajar untuk hidup seperti itu?"
"Oh," kata Ralph, "Selama perang, saya kira."

Lalu ia menuturkan kisah perjalanan tugasnya di Vietnam. Juga tentang tugasnya saat membersihkan ladang ranjau, dan bagaimana ia harus menyaksikan satu per satu temannya tewas terkena ledakan ranjau di depan matanya. "Saya belajar untuk hidup di antara pijakan setiap langkah," katanya. "Saya tak pernah tahu apakah langkah berikutnya merupakan pijakan yang terakhir, sehingga saya belajar untuk melakukan segala sesuatu yang sanggup saya lakukan tatkala mengangkat dan memijakkan kaki. Setiap langkah yang saya ayunkan merupakan sebuah dunia baru, dan saya kira sejak saat itulah saya menjalani kehidupan seperti ini."

Kelimpahan hidup tidak ditentukan oleh berapa lama kita hidup, tetapi sejauh mana kita menjalani kehidupan yang berkualitas.


Kehidupan Yang Berarti

Berapa umur anda saat ini?
20 tahun, 30tahun, 40tahun atau bahkan 5 tahun…
Berapa lama anda telah melalui kehidupan anda?
Berapa lama lagi sisa waktu anda untuk menjalani kehidupan?
Tidak ada seorang pun yang tahu kapan kita mengakhiri hidup ini.

Sebagai manusia jelas kita memiliki perbedaan dalam menjalankan kehidupan. Kehidupan bukanlah sekedar rutinitas.

Kehidupan adalah kesempatan untuk kita mencurahkan potensi diri kita untuk orang lain.
Kehidupan adalah kesempatan untuk kita berbagi suka dan duka dengan orang yang kita sayangi.
Kehidupan adalah kesempatan untuk kita bisa mengenal orang lain.
Kehidupan adalah kesempatan untuk kita membantu kepada sesama.
Kehidupan adalah kesempatan untuk kita mencintai pasangan kita, orang tua kita, saudara, serta mengasihi sesama kita.
Kehidupan adalah kesempatan untuk kita belajar dan terus belajar tentang arti kehidupan.
Kehidupan adalah kesempatan untuk kita selalu mengucap syukur kepada Allah Yang Maha Kuasa .. Kehidupan adalah … dll.

Begitu banyak Kehidupan yang bisa kita jalani.
Berapa tahun anda telah melalui kehidupan anda ?
Berapa tahun anda telah menjalani kehidupan rutinitas anda ?

Pandanglah di sekeliling kita…ada segelintir orang yang membutuhkan kita. Mereka menanti kehadiran kita. Mereka menanti dukungan kita. Orang tua, saudara, pasangan, anak, sahabat dan sesamanya

Bersyukurlah pada-NYA setiap saat bahwa kita masih dipercayakan untuk menjalani kehidupan ini. Buatlah hidup ini menjadi suatu ibadah.

Selamat menjalani hidup yang lebih berkualitas.


Busuknya Kebencian

Seorang Ibu Guru taman kanak-kanak (TK) mengadakan”permainan”.
Ibu Guru menyuruh tiap muridnya membawa kantong plastik transparan 1 buah dan kentang. Masing-masing kentang tersebut diberi nama berdasarkan nama orang yang dibenci, sehingga jumlah kentangnya tidak ditentukan berapa....tergantung jumlah orang-orang yang dibenci.

Pada hari yang disepakati masing-masing murid membawa kentang dalam kantong plastik. Ada yang berjumlah 2, ada yang 3 bahkan ada yang 5. Seperti perintah guru mereka tiap-tiap kentang diberi nama sesuai nama orang yang dibenci. Murid-murid harus membawa kantong plastik berisi kentang tersebut kemana saja mereka pergi, bahkan ke toilet sekalipun,selama 1 minggu.

Hari berganti hari, kentang-kentang pun mulai membusuk,murid-murid mulai mengeluh,apalagi yang membawa 5 buah kentang, selain berat baunya juga tidak sedap. Setelah 1 minggu murid-murid TK tersebut merasa lega karena penderitaan mereka akan segera berakhir.

Ibu Guru : “Bagaimana rasanya membawa kentang selama 1minggu ?”

Keluarlah keluhan dari murid-murid TK tersebut, pada umumnya mereka tidak merasa nyaman harus membawa kentang-kentang busuk tersebut kemanapun mereka pergi. Gurupun menjelaskan apa arti dari “permainan” yang mereka lakukan.

Ibu Guru : “Seperti itulah kebencian yang selalu kita bawa-bawa apabila kita tidak bisa memaafkan orang lain. Sungguh sangat tidak menyenangkan membawa kentang busuk kemana pun kita pergi. Itu hanya 1 minggu. Bagaimana jika kita membawa kebencian itu seumur hidup ? Alangkah tidak nyamannya..”


Golongan Darah

Golongan darah dapat mencerminkan watakmu. Believe it or not??!!

Golongan darah A :
Sikapmu lembut, tapi dalam mengambil keputusan nampak tegas. Suka mengalah dan ringan tangan. Suka membantu siapa saja yang sedang dilanda kesusahan. Sekalipun orang yang ditolongnya baru pertama kali dijumpainya, alias belum dikenal.Bahkan terkadang sifat sosialnya itu agak diluar batas kewajaran sebagai manusia. Habis udah tau punya uang pas-pasan misalnya, eh malah diberikan ke orang lain. Tapi ya itu, dia hanya akan memberikan pertolongan berdasarkan perasaan hati nurani alias nggak perlu diminta. Justru pada orang yang terang-terangan meminta padanya, dia amat nggak suka.Orang punya golongan darah A termasuk yang enggak mudah emosi. Meskipun perasaannya sebenarnya tersinggung, tapi nggak diperlihatkannya. Kecuali jika dianggapnya sudah keterlaluan banget, emosinya bisa nggak terkendali.Tapi namanya juga manusia, tetap punya kelemahan. Jika sudah merasa cape dalam mengerjakan sesuatu suka ngedumel/cuap2. he..he..he.. Bicaranya ceplas-ceplos, tanpa peduli pada perasaan orang lain. Pada orang yang jelas-jelas nggak disukainya terlalu diperlihatkan. Boro-boro mau ngobrol, dekat-dekat aja nggak mau.Pada umumnya orang yang memiliki golongan darah A sedikit pemalu. Itu sebabnya untuk bisa masuk lingkungan pergaulan butuh waktu beradaptasi cukup lama.

Golongan darah B :
Otaknya cerdas, sifatnya periang dan rasa humornya tinggi. Demen banget ngobrol, bahkan kalau sudah ketemu orang yang dianggapnya cocok, betah ngobrol sampai berjam-jam lamanya.Orang yang memiliki golongan darah B termasuk orang yang mudah bergaul. Sahabatnya ada di mana-mana. Sikapnya selalu optimis dan jika sudah mengambil keputusan, sulit sekali diubah. Pendiriannya yang keras itulah yang menjadikannya sering meraih sukses. Apa yang dicita-citakannya selalu tercapai.Kelemahan dari orang yang memiliki golongan darah B adalah kurang hati-hati. Suka pamer dan suka dipuji. Bicaranya terkadang seperti nggak pakai kontrol. Nggak jarang sering membuat lawan bicaranya tersinggung.

Golongan darah AB :
Orang yang di dalam tubuhnya mengalir golongan darah AB punya watak yang lain dari yang lain. Kalau boleh disebut, perangainya sangat istimewa yang merupakan gabungan watak atau sifat golongan darah A dan B.Begitu istimewanya, sampai-sampai isi hatinya sulit sekali ditebak, apalagi jalan pikirannya. Kalau dari kulitnya, penampilannya sehari-hari misalnya, lebih condong ke orang yang memiliki golongan darah B, seperti mudah bergaul, selalu optimis dan pendiriannya keras serta suka dipuji. Tapi sebenarnya hatinya sih cenderung ke golongan darah A. Suka mengalah dan murah hati.Bahkan teman-teman dekatnya pun sering menyebutnya sebagai manusia aneh. Habis wataknya bisa berubah 180 derajat hanya dalam waktu sekian menit. Misalnya sedang marah, tiba-tiba dia bisa tertawa terbahak-bahak. Begitu juga jika sedang santai misalnya, bisa saja tiba-tiba dia jadi sedih.Hanya saja orang yang punya golongan darah AB suka kurang percaya diri. Bawaanya selalu curiga!

Golongan darah O:
Rasa percaya dirinya oke. Pendiriannya kuat dan nggak mudah goyah. Apa yang sudah menjadi keputusannya, nggak bisa diubah dengan bujuk rayu. Tapi nggak menutup kemungkinan keputusannya itu bisa diubahnya, hanya dengan teori serta didukung alasan kuat dan masuk akal.Tapi jangan khawtir atau ragu dengan keputusan yang diambilnya. Soalnya, setiap keputusan yang diambilnya, itu merupakan hasil pemikirannya yang matang. Mengingat orang yang memiliki golongan darah O ini bijaksana.Sikap bijaksananya itulah yang membawanya nggak mudah terpengaruh pada lingkungan pergaulan yang buruk. Orang yang memiliki golongan darah O lebih suka nggak punya teman, ketimbang harus masuk lingkungan pergaulan yang buruk.Seperti pepatah mengatakan, tak ada gading yang tak retak. Begitu juga dengan orang yang memiliki golongan darah O ini! Kelemahannya, keras kepala dan terkadang pandangannya agak konvensional. Nggak suka mengalah. Dalam perdebatan misalnya, meskipun sudah tahu kalau pendapatnya itu salah, tapi tetap nggak sudi mengakuinya.

So, which one your blood type???

Semoga Bermanfaat ^_^

http://indonesia.heartnsouls.com/cerita/r/c1710.shtml

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar