Assalamu'alaykum warahmatullahi wabarakaatuh, Selamat datang di blogku ^_^ BINGKAI HATI: Lentera Hati !

Lentera Hati !

16/12/2011
Dalam sebuah hadist dinyatakan, Pada suatu ketika datanglah seseorang kepada Ibnu Mas'ud Radhiyallahu'anhu, Sahabat Rasulullah SAW. untuk meminta nasehat. Ujarnya, " Wahai Ibnu Mas'ud, berilah nasehat yg dapat kujadikan obat bagi jiwaku yang sedang dilanda kecemasan dan kegelisahan. Dalam beberapa hari ini hatiku tidak tentram, jiwaku selalu gelisah dan pikiranpun serasa kusut masai. makan tidak enak, tidurpun tidak enak."

Mendengar itu, Ibnu Mas'ud pun kemudian menasehatinya. Ucapnya, "Kalau penyakit seperti itu yang menimpamu, maka bawalah hatimu mengunjungi 3 tempat, yaitu :

1. Ketempat orang - orang yang membaca Al-Quran, Kau bacalah Alquran atau dengarkan baik - baik orang yang membacanya,
2. Pergilah ke Majelis Pengajian yang mengingatkan hati kepada Allah SWT,
3. Carilah waktu dan tempat yang sunyi, kemudian berkhalwatlah untuk menyembah-Nya. Misalnya ditengah malam buta, ketika orang - orang sedang tidur nyenyak, engkau bangun untuk mengerjakan shalat malam, memohon ketentraman jiwa, pikiran, dan kemurnian hati kepada-Nya.

Seandainya jiwamu belum juga terobati dengan cara ini, maka mintalah kepada Allah SWT, agar diberi hati yang lain. Karena mungkin hati yang kau pakai itu bukanlah hatimu." (HR. Baihaqi)

Hati yg bersih akan menjadi hati yg kaya, kaya akan ingat Allah sbg Sang Pencipta. kaya akan keikhlasan shg tdk diperbudak oleh pujian & penghargaan makhluk. kaya akan kasih sayang shg tdk sengsara diperbudak kedengkian & kebencian, mudah untuk memaafkan dan membalas dengan kebaikan. kaya akan rasa syukur shg tdk lelah dijajah oleh sesuatu yg belum ada & bahagia dgn apa yg ada, kaya akan keyakinan dgn jaminan Allah shg amat ringan & senang mendermakan rezeki yg ada, tak tersentuh oleh kekhawatiran miskin yg membuatnya kikir.

Bukanlah orang yang kaya dengan melimpahnya harta, yang kaya adalah yang hatinya kaya. Apalah artinya rumah yang lapang, jikalau hatinya sempit. Apalah artinya penampilan yang indah apabila hatinya buruk. Apalah artinya bangunan yang megah apabila hatinya hina. Apalah artinya harta yang melimpah apabila hatinya miskin dari kebaikan dan kemuliaan. Dunia berikut isinya memang hanya untuk memuaskan jasad belaka. Akan tetapi, ketentraman batin dan kebahagiaan hidup tidak Allah berikan, kecuali hanya kepada orang-orang yang bersih hatinya .

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar