Assalamu'alaykum warahmatullahi wabarakaatuh, Selamat datang di blogku ^_^ BINGKAI HATI: Tentang Tumbuhan

Tentang Tumbuhan

22/12/2011
Dengan memperhatikan tumbuhan yang tersebar disetiap sudut bumi ini, insya Allah kita semua akan bertambah yakin bahwa Allah sebagai Pencipta Alam Semesta ini berada disetiap sudut kehidupan kita. Dengan merenungi dan mempelajarinya, insya Allah kita semua akan bertemu dengan kebesaran-Nya. Jika saja kita mau memperhatikan hal – hal yang tersaji disekiling kita, sungguh akan begitu banyak kitamenemukan hikmah yang bertebaran disekitarnya untuk kita renungi bersama. Sungguh begitu banyak Al-Quran menyebut tentang tumbuhan.

Mengapa Allah menyebut berulang – ulang keberadaan tumbuhan dan tanaman didalam AlQuran ? Sebab, tumbuhan mempunyai peranan yang sangat penting dalam kehidupan Makhluk hidup dimuka bumi ini. Sebut saja salah satunya adalah Daun. Andaikata Allah tidak menciptakan daun, sungguh malapetaka akan menimpa seluruh makhluk hidup yang ada diplanet bumi ini. Sebab dengan adanya daun terjadilah proses asimilasi yang sangat menakjubkan. Hasil proses tersebut sangat ditunggu – tunggu dan dibutuhkan untuk keperluan hidup mahkluk lainnya, manusia maupun hewan.

Dengan memperhatikan tanaman yang jumlahnya tidak bisa dihitung itu, yang setiap darinya pasti memiliki kegunaan dan manfaat yang luar biasa bagi kehidupan, tentu kita tidak akan sanggup untuk mengungkapkan semuanya. Perhatikanlah setiap proses tumbuhnya daun, bunga, buah, ranting, dahan, dan sebagainya. Semuanya membuktikan bahwa Allah Sang Pencipta adalah satu – satunya Dzat Yang Maha Kreatif dan sangat menyayangi para hamba-Nya.

“ Dan Dialah yang menurunkan air hujan dari langit, lalu Kami tumbuhkan dengan air itu segala macam tumbuh – tumbuhan, maka Kami keluarkan dari tanaman yang menghijau itu butir yang banyak : Dan dari mayang kurma mengurai tangkai – tangkai yang menjulai. Dan kebun – kebun anggur, dan (Kami keluarkan pula) zaitun dan delima yang serupa dan yang tidak serupa. Perhatikanlah buahnya diwaktu pohonnya berbuah. Dan (Perhatikan pulalah) kematangannya. Sesungguhnya pada yang demikian itu ada tanda – tanda (Kekuasaan Allah SWT) bagi orang – orang yang beriman.” (QS. Al-An’aam(6): 99)

Dari sekian banyak tanaman yang ada, sekedar contoh sederhana. Cobalah kita perhatikan Daun Teratai yang tumbuh indah diareal perairan. Apakah dikolam, disungai, atau sengaja ditanam dipot – pot bunga. Sesuatu yang luar biasa terjadi pada daun teratai ini. Daunnya cukup lebar. Pada umumnya lebih lebar dari daun tumbuhan yang ada disekitarnya.

Yang cukup mengherankan ialah bahwa daun teratai ini selalu bersih menawan hati. Daun ini tidak pernah kotor. Apabila ada debu yang menempel didaun tersebut, debu itu akan jatuh dan terhapus dengan turunnya air hujan. Air hujan tersebut tidak menempel didaun teratai. Air yang jatuh kedaun tersebut runtuh kebumi bersama dengan debu dan kotoran yang ada didaun itu.

Dengan adanya lapisan daun teratai yang bisa membersihkan permukaan itu, muncullah ide dari Para Ahli dan perancang bangunan pencakar langit. Bangunan yang tinggi itu tentu sulit dibersihkan dari luar karena terlampau tinggi. Maka dengan pertolongan Allah melalui tumbuhan teratai, muncullah ide untuk membuat zat pelapis bangunan. Akhirnya bangunan tetap bersih dengan sendirinya serta menawan bagaikan daun teratai.

 Ternyata butiran – butiran hujan yang bekerja sama dengan system daun teratai, dapat memberikan pertolongan bagi manusia.
 Siapa yang menurunkan hujan, dan siapa pula yang menumbuhkan teratai sehingga hal ini memberikan ilham bagi manusia untuk berkerja dengan inovatif dan kreatif.
 Jawabnya tak bisa lain dan taka ada yang lain, Dialah Allah SWT Sang Pencipta Alam Semesta.

Semoga dengan ikhtibar sederhana tentang tumbuhan yang bernama teratai ini, bisa menambah keyakinan kita kepada Allah SWT bahwa semua yang tercipta didunia ini tidak ada yang sia- sia. Dan kita semua dapat mengambil pelajaran darinya, agar kita semua dapat menjadi pribadi yang lebih baik lagi kedepannya dengan banyak bersyukur kepada-Nya. Insya Allah !

“ Dan kepunyaan Allah timur dan barat, maka kemanapun kamu menghadap disitulah wajah Allah. Sesungguhnya Allah Maha Luas lagi Maha Mengetahui. “ (QS. Al-Baqarah: 115)

<< Bertemu Allah Tak Harus di Syurga >>

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar